Daun Bawang, Pengertian dan Manfaat

Daun bawang
Daun Bawang
Spread the love

Daun bawang adalah jenis sayuran dari kelompok bawang yang memiliki nama latin Allium fistulosum. Daun bawang memiliki bentuk yang panjang dan berwarna hijau. Pada bagian ujungnya, daun bawang berwarna hijau tua, sedangkan batangnya berwarna hijau muda dengan tekstur sedikit keras. Daun bawang dipanen dengan cara dicabut hingga akarnya, seperti halnya bawang. Daun bawang juga memiliki aroma dan rasa yang sangat khas, meski tidak sekuat aroma dan rasa bawang putih atau merah.

Aroma daun bawang yang khas itu membuatnya dijadikan bumbu masak. Meskipun sering dianggap bukan sebagai bumbu dapur utama dan hanya dijadikan bumbu pelengkap, namun daun bawang menjadi faktor penting untuk menambah kelezatan rasa masakan. Daun bawang bahkan hampir selalu ada di setiap masakan khas Indonesia. Penggunaan daun bawang sebagai bumbu masakan biasanya dengan cara diiris kecil kemudian dicampurkan ke dalam masakan.

Baca juga: 7 Bumbu Dapur Pereda Batuk

Masakan khas Indonesia yang menggunakan daun bawang sebagai pelezatnya antara lain soto, martabak telur. Mie ayam, bakso, telur dadar, sop daging, gorengan dan masih banyak lagi. Meskipun terkesan hanya sebagai bumbu pelengkap, namun tanpa adanya irisan daun bawang, masakan yang telah disebutkan tadi bakal terasa hambar dan kurang kuat aromanya.

Fungsi Daun Bawang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Daun bawang ternyata memiliki banyak fungsi atau manfaat lain selain sebagai bumbu masakan. Tahukah kamu, ternyata daun bawang diketahui memiliki senyawa antioksidan yang tinggi dan mengandung banyak vitamin yaitu, vitamin A, vitamin B1, dan juga vitamin C. Kandungan vitamin ini membuat daun bawang juga sering dimanfaatkan dalam bidang kesehatan, bahkanjuga bermanfaat untuk kecantikan.

Credit Photo: Pixabay.com

Berkat kandungan antioksidan dan vitamin yang dimilikinya, mengonsumsi daun bawang sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi daun bawang secara teratur diyakini bisa mengatasi anemia, mencegah sembelit, baik untuk penderita diabetes, dan juga baik untuk kesehatan jantung.

Daun bawang juga baik untuk kecantikan karena diyakini bisa mencerahkan, meremajakan kulit, serta mengatasi penuaan dini. Selain untuk menjaga kesehatan kulit, daun bawang juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut. Oleh karena itu daun bawang sering digunakan sebagai bahan masker rambut untuk mengatasi rambut yang rusak.

(rd)

 

*Credit Photo: wikimedia.org

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*