Home / tips / Tips Memilih Nangka Muda

Tips Memilih Nangka Muda

Comments : 1 Posted in : tips on by : Retno Pancaningrum Tags: , , , ,

Buah nangka memang sudah tak asing lagi untuk masyarakat kita. Dibeberapa daerah berbeda penyebutannya, ada yang menyebutnya dengan tewel, adapula yang menyebutnya dengan gori. Selain biasa dinikmati saat sudah matang buah dengan kulit berduri ini juga dimanfaatkan saat masih muda. Jika kita teliti lebih dekat buah nangka ada tiga jenis yaitu
1. jenis nangka sayur (saat muda) atau disebut juga dengan nangka salak (saat matang)
2. jenis nangka bubur
3. jenis nangka cempedak
Jenis nangka sayur atau nangka salak ini tak mudah lembek atau tidak mudah hancur saat dimasak walaupun membutuhkan waktu pengolahan yang lama. Daging buah nangka lebih tebal dan keras. Jenis nangka inilah yang sering dibuat gudeg yogya karena proses pengolahan gudeg yang bisa berjam-jam tetapi hasilnya tidak hancur. Untuk diambil buahnya setelah nangka ini matang jenis inilah yang paling baik karena tekstur buah yang kering dan memiliki daging buah yang lebih tebal terlebih aromanya yang tajam.
Lain halnya dengan nangka bubur yang akan mudah dan cepat sekali hancur saat dimasak. Ini dikarenakan daging buah nangka yang tipis dan lebih berair jika dibandingkan dengan Janis nangka sayur atau nangka salak. Jenis nangka seperti ini lebih cocok untuk jenis-jenis sayur dengan proses pengolahan yang tak membutuhkan watu lama. Biasanya proses pengolahan nangka ini direbus sebentar kemudian dibuat tumisan.
Untuk jenis nagka yang terakhir atau nangka cempedak biasanya dikonsumsi saat setelah matang. Bentuk dan kulitnya tak beda jauh dengan jenis buah nangka lainnya hanya saja ukuran buah nangka cempedak lebih kecil jika dibandingkan dengan nangka salah atau nangka bubur. Aroma nangka cempedak juga lebih kuat dengan rasa manis yang luar biasa.
Nangka cempedak biasanya diolah dengan cara digoreng dengan lapisan tepung atau dicampur dengan minuman tradisional seperti cendol atau dibuat campuran talam.
Manfaat dari nangka
Daging buah nangka yang masih muda sering kali diolah menjadi sayur seperti gudeg, gulai nangka, atau campuran dalam membuat gado-gado. Sedangkan untuk buah nangka yang sudah matang atau masak biasanya dapat langsung dinikmati atau sebagai campuran dalam pembuatan hidangan tradisional atau minuman karena memiliki aroma yang sangat harum. Selain itu biji buah nangka juga dapat dikonsumsi.
Nah, kini anda dapat menentukan jenis nangka yang mana yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan.

1 COMMENT

One thought on : Tips Memilih Nangka Muda

  • Agen Sabung Ayam
    April 6, 2017 at 5:15 am

    Terima kasih untuk resepnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *