Home / Artikel / Tepung Panir Buatan Sendiri

Tepung Panir Buatan Sendiri

Posted in : Artikel, tips on by : Retno Pancaningrum Tags: , , , , ,

Jika ada sisa atau lebih roti tawar yang tidak termakan jangan buru-buru untuk dibuang. Roti tawar yang sudah keras atau tak lembut lagi biasanya teronggok di atas meja makan atau di dalam kulkas. Roti tawar ini bisa dimanfaatkan untuk dijadikan tepung panir. Iya benar, tepung panir buatan sendiri.

Sahabatdapur.com – Walaupun mudah untuk di dapat tepung panir juga bisa kita buat sendiri. Ya, tepung panir atau tepung roti yang biasanya digunakan untuk memberikan lapisan pada kudapan terutama yang di goreng. Snack yang digoreng menggunakan lapisan tepung roti atau tepung panir memang terasa lebih renyah dan garing selagi masih hangat selain memberikan tampilan yang lebih baik.

Bahan yang digunakan untuk membuat tepung panir hanya roti tawar. Jika hasil tepung panir yang anda inginkan kecokelatan gunakan juga pinggir atau bagian tepi dari roti tawar. Namun jika tepung panir yang di inginkan berwarna putih bersih sisihkan bagian pinggir dari roti tawar.

Pada dasarnya ada dua macam cara membuat tepung roti yaitu dengan cara dioven dan di sangrai. Cara disangrai ini juga memudahkan anda yang belum memiliki oven. Berikut cara membuatnya.

Cara di oven
Roti tawar yang akan digunakan untuk membuat tepung panir sebaiknya dipotong kasar untuk memudahkan proses pengeringan di dalam oven. Tata roti tawar yang telah dipotong kasar di atas loyang. Berikan jarak jangan terlalu ditumpuk untuk mempermudah dan mempercepat proses pengeringan. Jika menginginkan tepung panir yang putih bersih pisahkan dari pinggiran roti tawar. Gunakan suhu panas rendah atau dengan suhu sekitar 100-150 derajat Celsius sampai roti benar-benar kering. Biarkan sesaat sampai roti dingin dan haluskan.
Jika anda menginginkan tepung panir yang kasar cukup dengan memarut roti yang telah dikeringkan tadi. Atau dapat juga menghaluskannya dengan menggunakan rolling pin atau alat untuk memipihkan adonan. Namun jika tepung panir yang diinginkan sangat halus gunakan blender kemudian saring dengan ayakan sampai benar-benar didapat hasil yang halus.

Cara di sangrai
Sangrai adalah salah satu teknik mematangkan bahan makanan dengan menggunakan penggorengan namun tidak menggunakan minyak atau tidak juga mengunakan air. Proses pengadukan bahan sesering mungkin saat menyangrai sangat mempengaruhi hasil makanan yang disangrai.

Jadi membuat tepung roti dengan cara disangrai adalah mematangkan atau mengeringkan roti tawar yang sudah dipotong-potong di atas penggorengan tanpa minyak dengan terus diaduk-aduk agar roti tawar kering merata.

Setelah kering roti tawar dapat melewati proses seperti roti tawar yang telah di keringkan dengan cara di oven di atas. Kini hasil tepung panir buatan sendiri sudah dapat digunakan. Simpan dalam wadah yang tertutup rapat dan kedap udara untuk menjaganya tetap kering.

Tepung panir ini selain digunakan untuk memberikan lapisan luar pada kudapan seperti sajian yang digoreng, juga bisa menjadi campuran dalam membuat daging burger, dan taburan ala gratin dalam membuat casserole. (RPN/ berbagai sumber)

Foto: seriouseats.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *