Home / Artikel / Telur Ayam Kampung Asli dan Palsu

Telur Ayam Kampung Asli dan Palsu

Posted in : Artikel, tips on by : Retno Pancaningrum Tags: , , , ,

Telur ayam memang memiliki kandungan protein dan gizi yang tinggi dan baik untuk tubuh kita. Pilihan telur ayam kampung selalu mejadi pilihan utama jika dibandingkan dengan telur ayam lainnya. Namun bagaimana jika telur ayam kampung yang digunakan itu aspal alias asli tapi palsu? Berikut cara membedakan telur ayam kampung yang asli dan palsu.

Sahabatdapur.com – Mengapa telur ayam kampung sering dipalsukan? Selain banyak diminati telur ayam kampung memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan jenis telur ayam lainnya.

Karena kandungan gizinya inilah mengapa telur ayam kampung menjadi favorit dan bukan telur ayam negeri? Selain komposisi gizinya yang lebih tinggi. Ayam kampung yang menghasilkan telur ini juga mengonsumsi makanan-makanan alami yang baik untuk kandungan atau isi dalam telur ayam itu sendiri. Jika kita konsumsi telur ayam kampung juga akan memberikan dampak yang baik pula untuk tubuh kita.

Maksud dari telur aspal alias asli tapi palsu adalah telur yang dijajakan atau dijual memang benar-benar telur ayam asli namun bukan dari ayam kampung. Para pedagang nakal ini menggunakan telur ayam negeri dengan memilih ukuran telur yang lebih kecil dan menyulapnya menjadi telur ayam kampung.

Proses penyulapan telur ayam negeri menjadi telur ayam kampung ini dilakukan dengan menggunakan bahan pemutih atau klorin dan cuka agar kulit telur ayam negeri yang tadinya cokelat berubah menjadi putih seperti kulit telur ayam kampung. Berikut cara membedakan kedua telur ayam ini.

Bentuk dan Ukuran Telur
Jika dilihat secara sekilas bentuk dan ukuran telur ayam kampung asli dan palsu memang sangat sulit untuk dibedakan. Namun jika diperhatikan secara lebih detil bentuk telur ayam kampung yang asli lebih oval dan salah satu ujungnya lebih meruncing, namun tidak dengan telur ayam kampung palsu. Ujung-ujung telurnya membulat dan tidak nampak salah satu ujung yang runcing.

Warna
Warna telur ayam kampung tiruan ini lebih putih dan bersih jika dibandingkan dengan telur ayam kampung yang asli. Telur ayam kampung asli memiliki warna putih sedikit kecokelatan. Jika di pecahkan warna kuning telur ayam kampong biasanya lebih merah atau oranye ukuranya kuningnya juga lebih kecil jika dibandingkan dengan telur ayam negeri. Warna kuningtelur ayam negeri terlihat lebih pucat.

Tekstur Kulit Telur
Langkah terakhir inilah yang biasanya telur ayam kampung palsu akan terasa sangat jelas. Jika kulit telur ayam kampung yang asli memiliki tekstur yang lebih halus, licin dan mengkilat tidak demikian dengan tekstur dari kulit telur ayam kampung “aspal” ini. Jika diraba kulitnya cenderung kasar dan berkapur ini diakibatkan dari proses pemutihan yang dilakukan untuk mengelabuhi konsumen.
Setelah tahu berbagai perbedaan telur ayam kampung asli dan palsu kini anda akan lebih berhati-hati dalam memilih telur yang anda butuhkan. (RPN/Dari berbagai sumber)

Foto: food.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *