Home / Artikel / Perbedaan Lumpia dan Risoles

Perbedaan Lumpia dan Risoles

Posted in : Artikel, tips on by : Retno Pancaningrum Tags: , , , , ,

Walaupun sama-sama dibungkus dengan kulit dadar, namun kedua sajian ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Apa saja perbedaan lumpia dan risoles? Berikut Penjelasannya

Sahabatdapur.com – Snack atau kudapan yang digoreng dan memiliki rasa yang gurih ini masih banyak orang yang salah membedakannya. Ya, perbedaan lumpia dan risoles dapat anda bedakan dari beberapa hal berikut ini.

Bentuk
Jika dilihat dari luarnya bentuk lumpia lebih bulat dan panjang bergulung. Sedangkan risoles memiliki bentuk yang lebih pipih dan cenderung persegi atau memiliki sudut.

Tampilan
Tampilan untuk lumpia ada beberapa macam, tergantung dari jenis kulit yang digunakan. Kulit yang diguakan untuk lumpia ada yang basah dan juga ada yang kering. Saat digoreng lumpia biasanya tidak dilapisi dengan bahan pelapis seperti tepung panir namun di sebagian daerah ada yang melapisinya dengan telur kocok saat akan di goreng. Berbeda dengan risoles yang dilapisi dengan tepung panir sehingga terlihat lebih bertekstur dibagian luarnya.

Tekstur
Tekstur dari kulit lumpia tergantung dari penggunaan kulit seperti yang telah dijelaskan di atas. Jika menggunakan kulit lumpia basah maka teksturnya lebih lembut atau empuk. Jika menggunakan kulit lumpia kering maka teksturnya lebih garing dan renyah. Untuk risoles tekstur kulitnya juga lembut namun ada sedikit garing saat masih panas atau hangat karena tepung panir yang melapisinya.

Isi
Walaupun isinya bisa bermacam-macam sesuai dengan selera atau kreasi si pembuat namun pada dasarnya lumpia berisi potongan sayuran berbentuk panjang seperti irisan batang korek api. Sayuran yang biasanya digunakan untuk isi lumpia adalah rebung, taoge, kol, irisan daun bawang dan wortel. Lumpia juga biasa diisi dengan bihun atau soun untuk campurannya. Sedangkan risoles memiliki potongan sayur kotak-kotak kecil. Bahan sayuran untuk isi risoles biasanya terdiri dari kentang dan wortel. Namun kini sudah banyak risoles dengan isi daging asap atau smoked beef, keju dan juga mayones.

Dari beberapa perbedaan diatas kini anda dapat membedakan mana lumpia dan mana risoles bukan? (RPN/dari berbagai sumber)

Foto: cookdiary.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *