Home / Artikel / Mengenal Jenis Cobek dan Cara Penggunaannya

Mengenal Jenis Cobek dan Cara Penggunaannya

Posted in : Artikel, tips on by : Retno Pancaningrum Tags: , , , , , , ,

Sajian seperti ayam penyet, tempe penyet atau pecel lele yang disajikan di atas cobek memang terkesan lebih menggiurkan jika dibandingkan tersaji di atas piring. Cobek yag selama ini kita tahu memang terbuat dari batu, tetapi ada juga cobek yang terbuat dari bahan selain batu. Yuk mengenal jenis-jenis cobek.

Sahabatdapur.Com – Cobek adalah alat yang terdiri dari dua bagian. Bagian pertama adalah wadah (cobek) berbentuk bulat pipih agak cekung untuk meletakkan bahan-bahan yang akan dihaluskan. Bagian yang kedua adalah alat untuk menghaluskannya biasa disebut ulegkan atau ulegan atau munthu dalam bahasa jawa cobek juga disebut dengan layah, cowek atau lemper (baca seperti mengucap kata ceper). Ukurannya beraneka ragam mulai dari yang kecil sampai yang sangat besar.

Cobek Batu
Cobek batu juga memiliki jenis dari batu yang digunakannya itu sendiri. Jenis batu kali atau batu andesit, biasanya yang paling bagus kualitasnya. Karena jenis cobek dari batu ini lebih kuat atau tidak mudah rontok sehingga bahan-bahan yang dihaluskan tidak akan tercampur dengan serpihan batu dari cobek, atau tidak ngeres (Jawa). Menghaluskan bumbu dengan cobek batu juga akan lebih mudah jika dibandingkan dengan jenis cobek yang lain. Cobek asal gunung merapi terkenal sebagai cobek yang bagus.

Cobek Semen
Cobek semen disebut juga dengan cobek cetak. Jenis cobek ini kurang bagus jika digunakan untuk menghaluskan bumbu karena semen akan mudah lepas dan bercampur dengan bumbu yang dihaluskan. Cobek semen juga memiliki warna yang tidak natural sehingga akan luntur saat digunakan. Perhatikan saat Anda ingin membeli cobek batu pastikan tidak tertipu dengan jenis cobek semen. Cobek semen pada saat dijual dilapisi dengan warna kehitaman atau keabu-abuan untuk mengelabuhi pembeli untuk menyamarkan dengan cobek batu yang asli.

Cobek Kayu
Cobek kayu sebenarnya masih baik digunakan tetapi kurang cepat halus karena permukaannya yang terlalu licin. Gunakan sedikit garam untuk membantu proses menghaluskan bumbu saat menggunakan jenis cobek ini. Jenis-jenis cobek kayu yang baik menggunakan adalah kayu dari pohon salam atau kayu nangka. Sedangkan cobek dari kayu jeruk adalah cobek kayu yang laing baik, Selain keras atau kuat, aromanya juga dapat membantu bumbu yang dihaluskan menjadi lebih sedap.

Cobek Tanah Liat
Cobek jenis tanah liat atau gerabah ini masih dapat kita jumpai dipedesaan, tukang tahu gejrot, atau warung pecel lele. Alat untuk menghaluskannya biasa terbuat dari kayu. Tidak disarankan menghaluskan bumbu dengan tingkat kekerasan yang tinggi menggunakan jenis cobek ini karena rentan sekali pecah. Jika terpaksa bahan yang keras darus dihaluskan dengan cobek tanah liat sebaiknya bahan tersebut dipotong atau di iris kecil-kecil terlebih dahulu untuk memudahkan dalam proses menghaluskannya.

Cara menggunakan cobek yang baru dan akan digunakan (khususnya cobek batu) ada baiknya digunakan untuk menghaluskan garam. Dengan cara ini kita dapat mengetahui apakah cobek tersebut dari batu asli atau lapisan. Dengan cara menghaluskan garam maka akan terkikis lapisan warnanya. Jika cobek batu asli warna cobek tidak berubah. Cara kedua, kucuri cobek dengan air dibawah kran untuk beberapa saat. Dengan cara ini lapisan batu pada cobek yang kwalitasnya kurang baik akan terlepas dan tidak akan tercampur dalam bumbu yang akan dihaluskan. (RPN/ Dari berbagai sumber)

Foto: pulangkerja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *