Home / Artikel / Mengatasi Masakan yang Terlanjur Pedas

Mengatasi Masakan yang Terlanjur Pedas

Posted in : Artikel, tips on by : Retno Pancaningrum Tags: , , ,

Walaupun resep telah memiliki standard dan telah melewati uji coba, tetapi hasilnya sering tak sama. Salah satu faktor bahan yang digunakan juga dapat mempengaruhinya. Jika masakan terlanjur terlalu pedas Anda dapat mencoba cara berikut.

Sahabatdapur.Com – Dalam resep tertera lima buah cabai rawit. Namun standar pedas setiap cabai rawit memang berbeda karena jenisnya juga berbeda. Bagaimana jika cabai yang kita gunakan memiliki tingkat kepedasan yang lebih tinggi, tentu hasil masakan akan menjadi lebih pedas. Yuk, coba atasi dengan cara dibawah ini.

Menambah rasa manis
Bahan atau bumbu masakan dengan cita rasa yang manis dapat mengurangi hasil masakan yang sudah terlanjur pedas. Bahan-bahan dengan sumber rasa manis diantaranya ada gula pasir, gula merah, madu atau kecap manis. Perhatikan jumlahnya saat menambahakan bahan-bahan tersebut agar tidak merubah rasa.

Menambah rasa asam
Rasa yang terlalu pedas akan dapat dikurangi dengan menambah rasa asam pada masakan. Bahan-bahan seperti potongan nanas, air jeruk nipis, cuka, buah asam, potongan tomat merah, tomat hijau, atau jenis tomat lain, mampu mengurangi rasa yang terlalu pedas.

Menambah susu atau olahannya
Kenapa susu dan olahannya seperti yoghurt dapat mengurangi rasa pedas pada masakan? Selain kandungan lemaknya, susu juga mengandung kasein dan capsaicin yang dapat mengurangi rasa pedas.

Menambah bahan cair
Dengan menambahkan bahan cair seperti kaldu atau susu cair, ke dalam masakan. Perlu diingat saat menambahkannya jangan terlalu banyak karena masakan akan berubah menjadi hambar. Jika sudah terlanjur hambar masukkan sedikit gula dan garam untuk mengembalikan rasanya.

Menambah Potongan Sayur
Pilihlah sayuran-sayuran yang banyak kandungan gula alaminya. Seperti kentang, wortel, ketimun atau jenis sayuran lainnya. Tambahkan secukupnya saja agar komposisi dari sayur yang Anda buat tetap terjaga.

Kini tak perlu cemas lagi jika masakan yang Anda buat terlalu pedas. Solusi di atas dapat menjad pilihan Anda. (RPN/Dari berbagai sumber)

Foto:dandbdining.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *