Home / Artikel / Bumbu Dapur untuk Obat

Bumbu Dapur untuk Obat

Comments : 1 Posted in : Artikel, tips on by : Retno Pancaningrum Tags: , , , , , ,

Walaupun kita tinggal di kota besar dan pusat –pusat kesehatan juga sangat mudah ditemui tetapi memanfaatkan bumbu dapur untuk obat tak jarang kita jumpai. Apa saja bumbu dapur yang dapat dimanfaatkan sebagai obat? Kita simak sejenak yuk.

Sahabatdapur.Com – Warisan dari orang-orang tua kita dulu memang sangat bermanfaat untuk tubuh kita khususnya bumbu rempah yang ada di dapur. Rempah atau bumbu berikut bisa menjadi sumber obat saat kita sakit.

Kunyit
Kunyit atau kunir biasa menjadi bumbu untuk membuat gulai ini ternyata bisa menjadi sumber obat yang banyak sekali kegunaannya. Air perasan kunyit dapat mengobati panas atau demam, Selain itu kunyit juga dapat menurunkan tekanan darah, gatal karena cacar air, masalah pencernaan, mengobati luka dan mencegah infeksi. Itu karena kandungan kurkuminoid yang berkhasiat menjadi obat.

Jahe
Rimpang ini juga tak kalah manfaatnya untuk pengusir hawa dingin. Jahe yang memiliki kandungan gingerol juga dapat menjadi obat peradangan, selain dapat menjadi obat perut kembung, melancarkan peredaran darah, obat batuk, menurunkan kolesterol, anti alergi dan masih banyak lagi.

Kencur
Selain menjadi bumbu khas dalam membuat urap atau karedok kencur juga termasuk salah satu jenis jamu tradisional. Manfaatnya dapat mengobati batuk dan sakit tenggorokan, obat penambah nafsu makan dan kandungan minyak atsiri di dalamnya dapat mengobati sakit kepala.

Daun Salam
Daun yang memiliki aroma khas ini banyak digunakan dalam berbagai macam jaenis masakan. Kandungan minyak atsiri banyak memiliki manfaat begitu pula kandungan ekstrak etanol yang berfungsi sebagai zat anti jamur dan anti bakteri. Selain dapat menjadi obat penyakit diare dan sakit maag, daun salam juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Serai
Serai atau sereh adalah tumbuhan dengan aroma khas ini sejenis rumput yang sering menjadi salah satu sarat dalam membuat sambal matah. Kandungan minyak atsiri yang tinggi menjadi sumber pengobatan tersendiri. Manfaat serai dalam tubuh dapat meningkatkan fungsi system syaraf, menghilangkan jerawat dan penyegar untuk kulit, selain dapat mengobati gangguan pencernaan dan juga mengobati infeksi pada kulit.

Lengkuas
Lengkuas atau laos menjadi bumbu yang nikmat saat kita membuat ayam goreng lengkuas. Selain itu lengkuas juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Selain dapat meningkatkan nafsu makan, obat reumatik, dan kembung.

Daun Jeruk
Tidak sembarang daun jeruk yang digunakan dalam memasak. Jenis jeruk purutlah yang digunakan. Aromanya yang harum sering kali digunakan dalam membuat berbagai macam masakan dan kue. Kandungan minyak astiri citronelal dan citronelol, nerol dan limonene. Minyak daun jeruk purut juga dipercaya mampu menyuburkan rambut. Selain itu, daun jeruk purut juga dipercaya berkhasiat untuk menambah stamina ketika selesai mengerjakan pekerjaan berat. (RPN/ dari berbagai sumber)

Foto: sarvivorsway.com

1 COMMENT

One thought on : Bumbu Dapur untuk Obat

  • Wari
    July 15, 2016 at 10:42 am

    Wah mantab nih alami bahannya, gak bagus juga kalo sering minum obat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *