Home / tips / Begini 4 Cara Mudah Merawat Kompor Gas Supaya Awet
9 February, 2018

Begini 4 Cara Mudah Merawat Kompor Gas Supaya Awet

Posted in : tips on by : Ria Dahayu Tags: , ,

Spread the love

Sahabat dapur pasti punya kompor gas di rumah, dong. Ya, peralatan dapur yang pasti selalu ada di dapur dan hampir pasti dipakai setiap hari adalah kompor gas. Semakin sering digunakan tentu kompor akan jadi lebih cepat kotor. Mulai dari percikan minyak goreng hingga tumpahan kuah sayur bisa menimbulkan noda pada kompor gas.

Banyak faktor yang menentukan keawetan kompor gas, salah satunya adalah cara perawatan kita terhadap kompor gas. Banyak orang yang terkadang menyepelekan atau bahkan tak tahu hal-hal sederhana dalam merawat kompor gas. Sebenarnya bukanlah hal yang susah dan ribet untuk merawat kompos gas supaya menjadi awet.

Daripada harus membeli kompor gas baru karena ketidaktelatenan kita dalam merawat kompor gas, lebih baik lakukan perawatan sederhana supaya kompor gas jadi awet.Sebenarnya ada banyak cara gampang dan sederhan yang bisa kita lakukan untuk merawat kompor gas supaya tahan lama alias awet. Nah, mau tahu apa saja yang musti dilakukan untuk merawat kompor gas? Yuk, simak tips  dari Sahabat Dapur berikut di bawah ini :

  1. Lap Kompor

image via: groupon.com

Biasakan untuk selalu membersihkan kompor setelah selesai memasak. Banyak kotoran yang menempel di kompor saat memasak, entah cipratan minyak atau kuah sayur.  Setelah aktivitas memasak selesai, segera lap kompor dengan kain yang basah, selanjutnya lap lagi dengan lap yang kering.

2. Jauhkan Selang Dari Panas

image via: sejasa.com

Salah satu masalah yang sering dialami adalah kebocoran selang. Penyebab kebocoran itu salah satunya adalah selang yang retak. Nah, pastikan selang tidak tertekuk untuk meminimalisir keretakan. Pastikan bahwa selang dari gas menuju kompor gas jauh dari panas.

3. Bersihkan Lubang Api

image via: pinterest.com

Bersihkan lubang kompor tempat keluarnya api secara rutin supaya tidak ada kotoran yang  menyumbat lubang tersebut. Caranya gampang yaitu tusuklah dengan jarum lubang tersebut dan cungkil kotoran untuk membersihkan sumbatan. Bisa juga dengan menyikatnya supaya bersih dari kotoran. Sumbatan kotoran di lubang kompor itu bisa menyebabkan api yang berwarna biru berubah menjadi merah. N

 

4. Cuci Kompor

image via: twitter.com

Biasakan untuk mencuci kompor dalam rentang waktu tertentu. Cucilah bagian kompor yang dilapisi krom secara rutin. Lepaslah bagian tersebut dan cucilah dengan deterjen dan lebih bagus menggunakan air hangat untuk membersihkannya.

Itu tadi tips dari SahabatDapur tentang  empat cara gampang  untuk merawat kompor gas supaya lebih awet. Mari coba praktekkan di rumah dan lihatlah hasilnya. Semoga tips dari SahabarDapur bermanfaat. Selamat memasak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *