Home / kamus boga / Semangka

Semangka

Posted in : kamus boga on by : Retno Pancaningrum Tags: ,

Semangka
Tanaman merambat yang masih sekerabat dengan labu-labuan ini biasanya dipanen segar dan dinikmati langsung sebagi buah potong atau dibuat jus. Kulit semangka memiliki warna hijau dengan garis-garis membujur dengan warna hijau yang lebih tua. Semangka memiliki kadar kalium dan magnesium yang baik untuk penderita diabetes.
Semangka yang selama ini kita kenal ada dua warna yaitu merah dan kuning. Perbedaan yang signifikan antara semangka merah dan semangka kuning terletak pada kandungan senyawa karotenoidnya, yaitu likopen. Zat ini mempunyai aktivitas antioksidan yang sangat baik untuk membantu mengurangi risiko kanker pada tubuh. Pada semangka merah, jumlah likopennya jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan semangka berwarna kuning.
Kandungan air dan seratnya yang tinggi membuat semangka sering menjadi pilihan untuk penghilang rasa haus dan lapar yang pas. Selain daging buahnya yang sering dimanfaatkan dari buah semangka adalah biji dan kulit buahnya.
Biji buah semangka banyak dimanfaatkan untuk dibuat kwaci sedangkan kulit buah semangka sering dijadikan obat pencegah kerontokan rambut, menghaluskan kulir dan menghilangkan flek hitam pada wajah danmeredakan luka terbakar matahari.
Daging buah semangka selain bisa langsung dikonsumsi begitu saja, juga sering disajikan dalam bentuk jus atau campuran salad. Gradasi warna yang cantik dari buah semangka juga sering dimanfaatkan sebagai penambat pandang setelah diukir menjadi ukiran buah yang cantik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *