Home / kamus boga / Pare

Pare

Posted in : kamus boga on by : Retno Pancaningrum Tags: , ,

Pare atau pare ayam
Pare atau paria termasuk jenis labu-labuan yang memiliki rasa sangat pahit. Namun dibalik rasa pahit pare atau banyak orang menyebutnya dengan pare ayam ini memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat buah pare antara lain, meningkatkan imunitas, menyembuhkan gangguan pernapasan, mengatasi jerawat, membantu mengobati diabetes, dan mencegah penyakit jantung.
Banyak sajian yang dapat dibuat dari jenis tanaman menjalar ini. Selain menjadi salah satu komponen dalam bahan siomay pare sering disajikan dengan cara ditumis. Tumis pare ini akan terasalebih nikmat dengan tambahan teri asin, udang kering atau cumi yang telah diasinkan.
Cara mengolahnya pun sangat mudah. Untuk dijadikan tumisan biasanya pare dibelah menjadi dua bagian kemudian dihilangkan bijinya. Pare yang telah bersih dari biji ini kemudian diiris tipis lalu dicuci.
Ada dua cara pencucian pare. Untuk membuang rasa pahitnya tetap ada pare dicuci sekedar sampai bersih dari sisa tanah yang menempel tetapi untuk yang tidak suka rasa pahit terlalu pekat, pare biasanya dicicu dengan garam dan sedikit diremas untuk mengeluarkan getah pahitnya. Tetapi dengan cara seperti ini tekstur pare tak lagi renyah karena sudah hancur saat proses pencucian.
Tips yang jitu untuk menghilangkan rasa pahit pare tetapi bentuk tetap cantik dan teksturnya pun tak banyak berubah sebaiknya setelah dicuci pare direbus sebentar dengan ampo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *