Home / Artikel / Tips Menajamkan Pisau Dapur

Tips Menajamkan Pisau Dapur

Posted in : Artikel, tips on by : Retno Pancaningrum Tags: , , ,

Pisau dapur yang mulai tumpul memang sering kali membuat kita merasa kesal. Bahan masakan yang seharusnya dapat di kupas, di iris ataupun dipotong menjadi tersendat dan hasil potongannya pun menjadi kurang rapi.

Agar memasak lebih menyenangkan memang harus dimulai dari peralatan dapur yang memadai terutama pisau dapur yang tajam. Berikut beberapa cara menajamkan pisau dapur agar mempermudah kerja kita saat memasak.
1. Menggunakan Batu Asahan
Batu asahan ini ada beberapa jenis. Yang biasa kita jumpai adalah batu asahan buatan yang memiliki dua tekstur kasar dan halus. Cara menggunakan batu ini cukup dengan membrinya sedikit air di bagian atasnya dan menggosokkan mata pisau sedikit miring untuk mendapatkan sudut tajam yang diinginkan. Kemudian lanjutkan dengan bagian batu yang bertekstur halus. Fungsinya untuk meratakan bagian mata ppisau agar terasa lebih tajam saat digunakan.
2. Menggunakan Batang Besi
Batang besi seperti ini biasanya digunakan oleh kebanyakan orang untuk menajamkan pisau secara instan atau cepat. Batang besi ini biasanya berbentuk silinder atau pipih dengan guratan-guratan disepanjang permukaannya. Cara menggunakannya cukup mudah hanya dengan menggesekkan pisau dari ujung batang besi bergantian dari sisi pisau kanan dan kiri. Yang perlu diperhatikan adalah suduk kemiringan pisaunya agar mendapat titik tajam yang diinginkan.
Jangan lupa untuk selalu membersikan terlebih dahulu bilah pisau setelah di asah agar sisa-sisa kotoran terbuang dengan sempurna. Setelah itu pisau dapat digunakan seperti biasa. Tajamkan kembali setelah pisau digunakan dan lapisi dengaan sedikit minyak goreng diseluruh permukaannya sebelum disimpan dan digunakan kembali. (RPN/Sahabat Dapur)

Foto: https://www.themanual.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *