Home / Artikel / Sajian Durian di Nusantara

Sajian Durian di Nusantara

Posted in : Artikel on by : Retno Pancaningrum Tags: , , , , ,

Saat buah durian melimpah yang terpikir oleh kita bagaimana memanfaatkannya agar tak bosan menikmatinya. Atau untuk para penghasil buah ini dapat mengawetkannya menjadi sajian yang tetap nikmat. Berbagai sajian dari durian di nusantara ini bisa menjadi inspirasi.

Sahabatdapur.Com – Indonesia memang negeri yang sangat kaya. Dari hasil tanahnya yang subur menghasilkan buah durian dapat diolah menjadi berbagai sajian yang nikmat. Hampir di setiap wilayah di Indonesia memiliki hidangan khas berbagan durian. Apa sajakah itu, mari kita cari tahu.

Tempoyak
Tempoyak merupakan sambal khas tepatnya di beberapa wilayah di Sumatera yaitu kota Palembang dan Lampung. Proses pembuatannya memerlukan waktu untuk proses fermentasi. Rasa dan aromanya cukup unik dan nikmat. Sambal ini biasanya cukup dinikmati dengan nasi putih hangat dengan ikan.

Lempok Durian
Lain lagi dengan beberapa tempat seperti Bengkulu, Pontianak dan Palembang. Sajian berupa Lempok Durian menjadi andalan hidangan khas kota ini. Merupakan hidangan yang lebih mirip dengan dodol. Yang membedakan dodol durian dengan lempok durian adalah komposisi bahannya. Jika dodol didominasi dengan tepung beras santan, gula dan durian hanya pemberi rasa, lain halnya dengan lempok. Lempok terbuah dari daging buah drian, gula dan sedikit garam. Jadi rasa durian sangat mendominasi sajian ini.

Serabi Kinca Durian
Walaupun kota Solo memiliki sajian bernama serabi tetapi di Bandung jawa Barat juga memiliki sajian dengan nama yang sama. Tak hanya serabi oncom dengan rasa yang gurih. Rasa yang manis pun dapat dinikmati di sini. Serabi yang terbuat dari tepung beras dan santan ini dapat dinikmati dengan kuah kinca yang terbuat dari santan dan gula merah. Yang membuat sajian ini terasa lebih nikmat dengan menambahkan daging buah durian dalam kuah kinca.

Ketan Durian
Ketan durian merupakan sajian khas dari Sumatera Barat tepatnya kota Padang. Selain rendang yang sudah sangat terkenal anda wajib mencicicpi manis dan legitnya ketan durian. Hidangan yang pas sebagai dessert ini terbuat dari ketan kukus yang dimasak dengan santan dan disiram denga kuah durian saat menyajikannya.

Pancake Durian
Tak salah lagi jika Medan menjadi kota asal sajian ini. Karena Medan merupakan salah satu tempat di Indonesia yang banyak menghasilkan buah durian yang nikmat. Pancake durian merupakan sajian yang terbuat dari dadaran tipis tepung terigu yang dilapisi dengan krim yang gurih dan ditambahkan daging buah durian kemudian di bungkus menyerupai bantal. Agar terasa lebih nikmat dan lebih tahan lama pancake durian lebih baik di simpan dalam lemari es atau freezer.

Kopi Durian
Kopi dengan durian? Selintas pasti menimbulkan tanda tanya besar saat mendengarnya. Tetapi jika anda sudah mencobanya pasti ingin menikmatinya lagi. Kombinasi yang unik dari rasa dan aroma kopi yang dipadukan buah durian yang ada di dalamnya. Untuk anda pecinta kopi pasti ingin mencoba sensasi rasa yang berbeda saat menyeruput kopi ini. Yuk, cicipi sajian asal Sumatera Utara ini.

Es krim Durian
Durian yang memiliki rasa manis dan romanya yang khas sangat pas untuk dinikmati sebagai hidangan pencuci mulut. Selaian dapat langsung dinikmati dari buahnya anda juga dapat mengolahnya menjadi hidangan dingin khas Bandung yaitu es krim durian. Sajian ini terbuat dari santan, gula dan campuran daring buah durian. Bahkan di beberapa tempat biji durian pun turut masuk ke dalamnya. Setelah bahan-bahan dimasukkan dalam alat khusus pembuat es, alat kemudian diputar sampai membeku. Es krim pun siap dinikmati.
Ingin mencicipi salah satunya? Atau justru anda sudah mencicipi semuanya. Sajian mana yang menjadi yang favorit anda? (RPN/Dari berbagai sumber)

Foto: sambarafood.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *