Home / Artikel / Ragam Sarapan di Nusantara

Ragam Sarapan di Nusantara

Comments : 1 Posted in : Artikel on by : Retno Pancaningrum Tags: , , , , ,

Siapa bilang sarapan kita hanya sebatas nasi goreng dan bubur ayam? Negeri kita sangat kaya akan budaya dan kulinernya. Mulai membuaka mata sudah banyak sekali menu sarapan pagi yang menggugah selera. Manjakan pagi Anda dengan ragam sarapan nusantara.

Sahabatdapur.Com – Ragam sarapan di nusantara tak terhitung jumlahnya. Anda dapat menikmatinya bergantian setiap hari tanpa rasa bosan. Yuk, kenali sajian dari berbagai daerah yang dinikmati di pagi hari.

Nasi pecel
Di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur makan pagi dengan menu nasi pecel sudah sangat membudaya. Nasi putih yang dilengkapi dengan sayuran rebus dan disiram dengan bumbu kacang ini biasa dilengkapi dengan peyek, tahu atau tempe bacem, mi goreng atau bihun goreng. Ada pula yang menikmatinya dengan telur mata sapi atau telur ceplok.

Bubur Lemu
Solo adalah tempat dimana sarapan ini bisa dijumpai. Bubur nasi yang dimasak dengan santan dan daun salam ini memiliki rasa yang gurih. Sayur sambel goreng krecek (kerupuk sayur) dan tahu serta opor ayam melengkapi penyajiannya. Biasanya dinikmati dengan sendok dari daun pisang atau “suru”.

Nasi Gudeg
Anda tentu langsung dapat menebak dari mana asal sajian yang satu ini. Iya, tepat sekali. Kota Yogyakarta adalah tempatnya. Nasi putih yang dilengkapi dengan sayur nangka tanpa kuah ini lebih nikmat dengan sambal goreng krecek dan kacang tolo. Pilihan lauk seperti ayam atau telur pindang pasti tersedia menjadi pelengkap yang setia.

Nasi Brongkos
Nasi brongkos adalah sajian khas untuk sarapan dari kota Demak dan Yogya. Nasi putih yang dinikmati dengan sayur berkuah gelap dari kluwek. Isi sayur beraneka ragam mulai dari kacang tolo, kulit melinjo, potongan kentang, tahu, sampai potongan daging atau koyor yaitu bagian lemak sapi.

Nasi Soto
Hampir tiap daerah di Indonesia memiliki sajian soto hanya saja kadang penyebutannya berbeda walaupun maknanya sama. Ada yang menyebut sauto, taoto, atau coto. Sarapan berupa semangkuk hidangan berkuah biasanya diisi dengan taoge atau kecambah, soun, telur rebus suwiran daging ayam atau irisan daging sapi yang ditaburi dengan bawang goreng dan irisan daun seledri untuk menemani sepiring nasi putih hangat.

Nasi Uduk
Daerah khusus Ibukota Jakarta tempat dimana banyak sekali kedai-kedai atau warung nasi uduk yang buka di pagi hari. Nasi yang dimasak dengan santan dan aneka rempah ini bisa dinikmati dengan semur jengkol, tahu atau kentang. Pelengkap lainnya bisa dengan ayam goreng, Sambal kacangtak lupa menambah rasa yang lebih menggoda.

Lontong Medan
Pulau Sumatera tepatnya di kota Medan anda dapat menikmati sepiring lontong medan yang menggugah selera. Potongan lontong yang lembut ini dipadukan dengan sayur kuah taoco, telur balado dan dilengkapi dengan sambal badar.

Pempek
Lain lagi dengan Palembang. Sarapan pagi dengan menu pempek sudah menjadi tradisi. Olahan dari ikan ini memiliki warna putih dengan tekstur yang kenyal dan jenisnya pun beragam. Rasanya sangat gurih khas rasa dan aroma ikan. Saus atau cuko dari campuran gula merah dan asam ini lebih mantap dengan sambalnya.

Serabi
Serabi atau surabi adalah sajian khas Jawa barat tepatnya kota Bandung yang memiliki banyak variasi topping dan rasa. Kudapan dari tepung beras dan santan ini biasa disajikan dalam rasa asin dan manis. Rasa asin biasanya dengn oncom dan rasa manis dengan kuah atau kinca gula merah.

Uli bakar
Beras ketan yang dimasak dengan santan kemudian ditumbuk adalah nama dari uli atau jadah (dalam bahasa jawa). Sebagai menu sarapan dii jawa Barat uli ini kemudian di bakar di atas bara arang. Sambal oncom menjadi teman setia untuk menikmatinya.

Ketupat kandangan
Ketupat kandangan dalah sajian khas dari Kalimantan. Ketupat yang hanya dibelah dua dan disiram dengan kuah santan yang gurih ini biasanya dinikmati dengan ikan haruan.

Bubur sambas
Masih dari pulau Kalimantan kita dapat menikmati semangkuk bubur yang masih panas bernama bubur sambas. Bubur dari nasi ini sangat nikmat dengan ikan teri, kacang tanah goreng, taoge, dan daun bawang. Kuah bening yang lebih mirip dengan kuah soto ini mebuat bubur sambas menjadi lebih nikmat.

Sagu Bakar
Sagu bakar adalah sajian dari saudara kita di Papua. Tepung sagu yang melimpah di pulau ini selain dijadikan papeda atau bubur sagu yang biasa disantap dengan kuah kuning juga dibuat sagu bakar. Sagu yang di cetak dalam cetakkan khusus dari gerabah ini biasanya dinikmati dengan secangkir minuman hangat di pagi hari.

Berbagai macam sarapan di atas hanya mewakili sedikit dari sekian banyak menu sarapan pagi di nusantara. Berminat untuk mencoba salah satunya? (RPN/Dari berbagai sumber)

Foto: madiunkotamuseumjatim.wordpress.com

1 COMMENT

One thought on : Ragam Sarapan di Nusantara

  • Putra
    August 10, 2016 at 6:46 am

    Nasi brongkos! enak tenan!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *