Home / Artikel / Ragam ayam bakar nusantara

Ragam ayam bakar nusantara

Posted in : Artikel on by : Retno Pancaningrum Tags: , , , , , , , ,

Selain sangat kaya akan adat istiadatnya, Indonesia juga terkenal dengan kulinernya yang sangat beragam. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang berbeda dengandaerah lainnya. Misalnya ragam ayam bakar nusantara yang sangat menggoda. Yuk, coba kita kenali satu persatu.
Sahabatdapur.com -Setidaknya ada delapan ayam bakar atau ayam panggang yang bisa kita kenal. Dari daerah mana dan bumbu apa saja yang digunakan dalam pengolahanyya.

A.Ayam bakar taliwang (Lombok-NTB)
Ayam bakar taliwang erupakan ayam bakar khas dari pulau Lombok Nusa tenggara Barat. Ayam bakar ini lebih banyak menggunakan cabai sebagai bumbunya. Citarasa ayam bakar yang pedas menggoda ini biasanya disajikan dengan pelecing kangkung. Konon asal nama ayam bakar ini dari kampung “karang Taliwang”

B.Ayam bakar kecap (solo)
Ayam yang diungkep dengan kecap manis dan rempah ini memiliki rasa dominan manis. Setelah bumbu meresap ayam kemudian dibakar di atas bara arang hingga harum. Sajian ini kemudian disajikan dengan sambal terasi yang digoreng dan lalap.

C.Ayam bakar Betutu (Bali)
Siapa yang tak kenal dengan pulau cantik nan eksotis bernama Bali. Selain alamnya yang sangat menggoda para wisatawan dalam dan luar negeri, Sajiannya pun sangat menggoda untuk dicicipi. Ayam bakar betutu selain memiliki rasa yang unik cara atau proses pembuatannya pun sangat menarik, Setelah dilumuri dengan bumbu halus, bagian rongga perut ayam pun diisi dengan daun singkong berbumbu. Kemudian ayam dibungkus dengan pelepah pisang dan disembam dalam abu panas hingga matang. Rasa gurih langsung terasa dari daging ayam kampong yang telah matang ini.

D.Ayam bakar pasundan (Jawa Barat)
Berbeda lagi dengan ayam akar khas pasunan. Ayam yang diungkep dengan bumbu kuning ini bahan cairnya menggunakan air kelapa untuk mendapatkan rasa yang lebih istimewa. Setelah bumbu meresap ayam diolesi dengan kecap manis atau kecap pedas sesuai denga selera kemudian dibakar sampai harum.

E.Ayam bakar bumbu petis (jawa Timur)
Hidangan jawa Timur memang sulit dipisahkan dengan petisnya yang terkenal nikmat. Selain rujak cingur, tahu telur sampai ayam bakarnya pun menggunakan petis sebagai bumbunya. Rasa ayam bakar ini pun terasa lebih gurih karena menggunaka santan untuk bahan cairnya.

F.Ayam bakar padang (sumatera Barat)
Ayam bakar ini akan dengan mudah kita jumpai saat kita masuk rumah makan padang. Rasa dan aromanya sangat nikmat dan khas. Ini karena menggunakan santan sebagai bahan untuk mengungep dan sekaligus bumbu olesnya.

G.Ayam bakar bumbu rujak (Jawa Timur)
Bumbu rujak kali ini bukan rujak buah seperti yang sering kita nikmati. Bumbu rujak kali ini terdiri atas cabai merah keriting, kemiri, jahe, bawang merah dan bawang putih, yang dilengkapi dengan rempah-rempah seperti daun serai, daun salam, dan daun jeruk.

H.Ayam panggang klaten (Jawa Tengah)
Tak kalah nikmat ayam bakar yang satu ini. Ayam panggang asal kota Klaten, kota perbatasan antara Yogya dan Solo ini juga wajib untuk dicicipi. Tanpa kecap atau cabai untuk bumbu ungkepnya jadi rasanya gurih. Nah, untuk menikmatinya lengkapi dengans ambal dan lalap serta sepiring nasi putih hangat.

Dari sekian ayam bakar khas daerah ini mana yang menjadi favorit anda? (RPN/dari berbagai sumber)

Foto: paleoaholic.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *