Home / Artikel / Perbedaan Kue Pukis, Kue Bandros dan Kue Rangi

Perbedaan Kue Pukis, Kue Bandros dan Kue Rangi

Posted in : Artikel on by : Retno Pancaningrum Tags: , , , , ,

Kue tradisional kita memang terkenal sangat beragam. Bahkan di beberapa daerah memiliki sajian yang sama namun berbeda nama. Nah, diantaranya kue pukis, kue bandros dan kue rangi. Yuk cari tahu perbedaan kue pukis, kue bandros dan kue rangi.

Sahabatdapur.com– Dari ketiga kue tradisonal ini kue bandros juga disebut dengan kue pancong atau kue gandos rangin. Apa saja sih perbedaannya yuk simak penjelasannya berikut ini.

Kue Pukis
Kue ini berbahan dasar tepung terigu yang dicampur dengan gula, telur, susu atau santan. Bagian atasnya atau sebagian dari bahannya bisa diganti dengan adonan yang ditambahkan cokelat bubuk. Biasanya ditabur kue pukis ditabur dengan meises, keju, pisang, nangka atau bahan-bahan yang disesuaikan dengan selera.

Tekstur kue ini empuk karena menggunakan pengembang seperti soda kue atau ragi (fermipan). Dipanggang dalam cetakkan setengah lingkaran (sama dengan kue bandros).

Kue Bandros
Bagi sebagian masyarakat di Indonesia kue ini juga disebut dengan kue pancong, kue gandos atau kue gandos rangin. Bahan utamanya adalah tepung beras yang dicampur dengan kelapa muda yang diparut, santan dan sedikit garam. Rasa dasar adonan ini adalah gurih. Setelah dimatangkan dalam cetakkan setengah lingkaran jajanan ini biasanya disajikan dengan taburan gula pasir.

Teksturnya lebih kenyal atau legit jika dibandingkan dengan kue pukis yang lebih empuk. Aroma khas dari kelapa sangat dominan dalam sajian yang nikmat disantap hangat ini.

Kue Rangi
Kue rangi adalah kue asli Betawi. Sajian ini memang mirip dengan kue bandros. Yang membedakannya adalah bahan dan ukuran cetakkan yang digunakannya. Kue rangi enggunakan bahan dasar tepung sagu dan kelapa parut. Kemudian dicetak dalan cetakkan yang bentuknya mirip dengan cetakkan kue pukis atau kue bandros hanya saja lebih kecil.

Tekstur sajian yang disajikan dengan gula merah yang dicairkan dan dikentalkan dengan sikit tepung sagu ini lebih kenyal dan sedikit garing karena tepung sagu yang dugunakannya.

Nah, dari penjelasan di atas kini sudah dapat dibedakan mana kue pukis, bandros atau kue rangi bukan? (RPN)

Foto: youtube.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *