Home / Artikel / Mengolah Ikan Lele Agar Tak Amis

Mengolah Ikan Lele Agar Tak Amis

Posted in : Artikel, tips on by : Retno Pancaningrum Tags: , , ,

Ikan lele pada dasarnya memiliki rasa dan aroma yang sangat gurih saat digoreng. Namun kadang kita malas mengolahnya karena alasan berbau amis. Bagaaimana mengolah ikan lele agat tak amis? Yuk cari tahu caranya.
Banyak cara untuk mengusir aroma amis dari ikan lele. Ikan yang biasa dijual dalam keadaan masih hidup ini tentunya menjajikan kesegarannya tersendiri. Berikut tips mengolah ikan lele agar tak amis.

1. Menggunakan air jeruk nipis
Air perasan jeruk nipis sangat ampuh menghilangkan bau amis dari ikan lele. Caranya, setelah lele dibersihkan dari isi perutnya, peras jeruk nipis di atas lele dan balur sampai rata. Remas-remas seluruh bagian lele hingga bagian perutnya. Diamkan sesaat kemudian bilas dan bumbui. Setelah meresap kurang lebih 10 sampai 15 menit lele bisa digoreng.

2. Menggunakan cuka masak
Tak berbeda dengan penggunaan jeruk nipis. Penggunaan cuka ini sebagai pengganti air jeruk nipis jika kesulitan mendapat jeruk nipis. Jangan terlalu banyak menggunakannya, atau larutkan beberapa tetes cuka dengan semangkuk air kemudian gunakan seperti menggunakan jeruk nipis.

3. Menggunakan kunyit
Setelah lele dibersihkan isi perutnya dan dibilas dengan air bersih, siapkan bumbu perendam ikan lele dengan menggunakan campuran kunyit. Diamkan sesaat agar bumbu yang telah dicampur dengan kunyit meresaap, lele siap digoreng.
Nah, setelah tahu bagaimana mengolah ikan lele agar tak amis tentu kita tak ada alasan lagi untuk tak mengolah lele menjadi hidangan keluarga. Selamat mencoba. (RPN/Sahabat Dapur)

Foto : www.youtube.com 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *