Home / Artikel / Mengenal Berbagai Jenis Labu

Mengenal Berbagai Jenis Labu

Posted in : Artikel on by : Retno Pancaningrum Tags: , , ,

Mengenal berbagai jenis labu
Labu adalah satu jenis buah sayur yang paling diremehkan mungkin karena harganya yang murah. Tetapi sangat disayangkan jika Anda tahu betapa banyak manfaat dari kandungan gizi yang ada dari labu dan tidak dimanfaatkan secara maksimal. Nah, agar kita tahu seluk-beluk labu ada baiknya kita mengenal lebih dekat dengan tanaman yang menjalar ini.
Ada banyak labu yang kita kenal termasuk keluarganya. Diantaranya adalah:

1. Labu siam
Labu siam atau ada juga yang menyebutnya dengan jipang atau jepan. Labu ini biasanya dimakan bagian buah dan pucuk daun yang muda. Tumbuhan yang biasa dibudidayakan di pekarangan dekat dengan kolam atau tempat penampungan air ini sering disajikan menjadi berbagai macam olahan sayur selain bisa juga dijadikan manisan.

2. Labu kuning atau labu parang
Labu yang menjadi simbol saat perayaan pesta halloween ini disebut juga sebagai rajanya beta karoten karena kandungan beta karotennya yang sangat tinggi. Orang-orang luar biasanya menyajikan labu kuning sebagai sup kental yang diolah dengan krim yang gurih. Tapi di negeri kita labu kuning bisa dimanfaatkan menjadi berbagai macam sayur dan kudapan yang sangat beraneka ragam.

3. Labu air
Jenis labu ini saat mudanya dapat diolah menjadi sayur dan saat tua kulit buahnya yang keras bisa dijadikan wadah untuk air minum. Labu air masih kerabat dekat dengan bligo, rasanya pun mirip. Bentuk buahnya pun bervariasi mulai membulat hingga lonjong memanjang. Tumbuhan ini diketahui sebagai tanaman budidaya tertua namun bukan untuk tanaman pangan melainkan untuk dijadikan alat rumah tangga. Beberapa khasiat yang dimiliki oleh labu air adalah: mampu menurunkan suhu tubuh yang tinggi, mengatasi penyakit flu, mengobati sariawan, menyembuhkan penyakit typus, mengobati penyakit asma dan bagi perokok labu air juga mampu membersihkan paru-paru dari pengaruh nikotin.

4. Labu pahit atau pare
Pare atau paria termasuk jenis labu-labuan yang memiliki rasa sangat pahit. Namun dibalik rasa pahit pare atau banyak orang menyebutnya dengan pare ayam ini memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat buah pare antara lain, meningkatkan imunitas, menyembuhkan gangguan pernapasan, mengatasi jerawat, membantu mengobati diabetes, dan mencegah penyakit jantung.

5. Labu ular atau pare belut
Labu yang memiliki bentuk membuat dengan panjang bisa mencapai 60 cm ini memiliki warna hijau dengan belang-belang putih memanjang. Kulit permukaanya halus tak seperti labu pahit atau pare dan rasanya pun tidak pahit. Labu ular atau biasa disebut juga dengan pare ular atau pare belut ini biasanya dimanfaatkan untuk dijadikan bahan membuat sayur, baik sayur bening maupun sayur berkuah santan.

6. Ridge gourd atau oyong
Ridge gourd atau oyong merupakan salah satu jenis labu-labuan yang biasanya dipanen saat masih muda dan dimanfaatkan untuk diolah menjadi sayur. Hampir di setiap daerah di Indonesia mengenal jenis sayuran yang satu ini hanya saja penyebutannya yang berbeda-beda. Sebutan oyong atau gambas atau di Jawa Tengah dikenal dengan sebutan ceme ini biasanya diolah untuk campuran sayur. Sajian sayur bening atau sup atau sajian yang lain. Banyak manfaat yang didapat dari jenis labu ini diantaranya dipercaya dapat meurunkan kadar kolesterol, diabetes, radang usus, nyeri otot hingga menormalkan siklus menstruasi.

7. Ketimun
Termasuk suku labu-labuan atau curcubitaceae merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasa dipanen sebelum masak benar untuk dijadikan lalap , acar , bahkan dibuat sayur. Manfaat mentimun memiliki sifat diuretic efek pendingin dan pembersih kulit. Selain kandungan vitamin A,B dan C. Mentimun juga menjadi bagian penting untuk perawatan kulit karena kandungan mineral berupa magnesium, kalium, mangan dan silika.

8. Semangka
Tanaman merambat yang masih sekerabat dengan labu-labuan ini biasanya dipanen segar dan dinikmati langsung sebagi buah potong atau dibuat jus. Kulit semangka memiliki warna hijau dengan garis-garis membujur dengan warna hijau yang lebih tua. Semangka memiliki kadar kalium dan magnesium yang baik untuk penderita diabetes.

Ini adalah beberapa jenis labu yang bisa anda kenal dan manfaatnya untuk kesehatan kita. Setelah memahami banyaknya jenis labu dan manfaatnya maka dengan demikian sangat baik bagi kita mengonsumsi labu-labuan karena banyaknya kandungan gizi yang dimilikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *