Home / Artikel / Masakan Nusantara Berbahan Rebung

Masakan Nusantara Berbahan Rebung

Posted in : Artikel on by : Retno Pancaningrum Tags: , , ,

Tunas bambu atau rebung memang memiliki tekstur yang sedikit renyah. Bahan ini sering diolah dalam kuah santan baik yang gurih atau yang pedas. Apa saja masakan nusantara berbahan rebung ini? Cari tahu yuk!

Sahabatdapur.Com – Pas kiranya jika musin hujan seperti sekarang ini mengolah rebung. Karena tunas-tunas rebung banyak bermunculan saat musin pengujan. Harganya pun cukup terjangkau. Berbagai variasi masakan dapat tercipta dari bambu yang masih muda ini. Berikut masakan berbahan rebung dari nusantara yang dapat dicoba.

Lumpia Semarang
Lumpia semarang sudah sangat terkenal sampai ke berbagai daerah. Camilan berbungkus kulit lumpia ini terbuat dari rebung yang diiris berbentuk batang korek api dan dimasak bersama udang, telur dan bumbu. Rasanya yang gurih sangat pas dinikmati dengan caai rawit hijau, saus dari bahan gula merag dan lokio serta acar ketimun.

Gulai Rebung Padang
Padang memang terkenal dengan masakan bersantannya. Selain rendang gulai adalah masakan yang paling dicari. Gulai yang rebung memiliki rasa yang tak kalah nikmat dengan gulai otak atau gilai kepala ikan. Sajian berkuah santan nan gurih dengan warna kuning dari kunyit dan memiliki aroma khas.

Lodeh Rebung
Di Jawa Tengah sajian bernama lodeh memang sangat terkenal. Sajian berkuah santan dengan bumbu ebi atau udang kering ini sangat pas dinikmati dengan sambal terasi dan ikan asin.

Gudeg Rebung
Walaupun gudeg biasanya terbuat dari buah nangka muda tetapi di Solo tersaji gudeg yang terbuat dari rebung. Bumbu yang digunakan sama hanya nangka diganti dengan rebung. Teksturnya lebih renyah lain dengan nangka yangmemiliki tektur lebih lembut atau lunak.

Gangan Rebung
Gangan yang berarti sayur atau sajian berkuah yang dinikmati dengan nasi atau potongan ketupat. Sajian gangan rebung ini sangat terkenal di Kalimantan. Selain rebung sajian ini juga menggunakan daun katuk, kacang panjang dan labu siam.

Gulai Rebung Asam
Bambu muda di Bengkulu dijadikan sajian gulai rebung asam. Rasa segar dari asam kandis yang digunakan di dalamnya membedakan rasa gulai dari daerah lainnya. Bumbu seperti bawang merah, bawang putih cabai merah, kunyit dan garam tak perlu ditumis cukup langsung dimasukkan dalam santan yang direbus. Penggunaan ikan bawal atau kakap dan kuah santannya yang kental membuat sajian ini terasa lebih gurih.

Foto: tesathom.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *