Home / Artikel / Makanan Wajib di Kota Solo (bagian 1)

Makanan Wajib di Kota Solo (bagian 1)

Posted in : Artikel on by : Retno Pancaningrum Tags: , , , ,

Untuk Anda yang mulai mudik lebaran dan melewati kota Solo, tak boleh melewatkan makanan wajib yang ada di kota Solo.

Sahabatdapur.com– Makanan-makanan yang ada di kota Solo memang selalu”ngangeni” banyak sajiannya yang belum tentu dapat kita jumpai di kota lain. Bagaimana kalau sejenak kita mengenal sajian asal kota ini.

Timlo Solo
Merupakan sajian berkuah yag lebih mirip dengan sup bening. Sajian ini terbuat dari kaldu ayam kampung. Isi dalam semangkuk timlo terdiri dari potongan sosis solo, wortel, jamur kuping, soun, bunga sedap malam, kapri, suwiran ayam dan bawang goreng.

Pecel Turi
Turi merupakan salah satu bunga yang sering tersaji dalam hidangan khas pecel di kota ini. Selain itu daun papaya, bayam, kangkung, kacang panjang, ada pula taoge. Jika taoge yang selama ini kita kenal menggunakan kacang hijau di Solo ada taoge yang terbuat dari kecambah petai cina. Pelengkap pecel biasanya menggunakan gendar atau uli dari nasi, mi atau bihun goreng, tempe goreng dan tahu atau tempe bacem.

Nasi Liwet
Beras yang aroni dengan santan garam dan daun salam ini memiliki rasa yang gurih. Pelengkap nasi liwet terdiri atas sayur sambal goreng labu siam, opor ayam dan areh yang terbuat dari santan kelapa yang kental. Nikmati dengan kerupuk nasi atau kerupuk gendar yang disebut karak.

Garang Asem

Biasanya terbuat dari ayam kampung karena jenis ayam ini memiliki rasa dan aroma yang istimewa. Dibungkus dalam daun pisang bersama kuah santan yang telah dibumbui dengan irisan tomat hijau, belimbing sayur atau belimbing wuluh, cabai rawit utuh serta irisan lengkuas dan daun salam. Sajian ini kemudian dikukus sampai matang dan ayam empuk.

Gado-gado Siram
Tak seperti gado-gado Jakarta. Gado-gado Solo terdiri dari potongan kentang, wortel, buncis, tahu dan tenpe yang telah digoreng, daun selada tomat dan telur rebus. Sajian ini kemudian disiram dengan kuah atau bumbu kacang yang terlebih dulu telah dimasak dengan santan.

Bestik Lidah
Merupakan sajian peninggalan dari zaman penjajahan. Perpaduan hidangan Belanda dan Jawa. Bestik atau beef steak terbuat dari daging atau lidah sapi yang dimasak semur berkuah kental dan pekat. Disajikan dengan sayuran rebus seperti wortel dan buncis serta kentang goreng.

Selad Solo
Hampir mirip dengan bestik, salad solo adalah semur daging berkuah encer yang dilengkapi dengan kentang goreng, potongan wortel yang direbus, buncis, tomat, daun selada, telur rebus dan acar ketimun. Dilengkapi dengan mustard yang terbuat dari campuran kentang dan kuning telur.

Tahu Acar
Potongan tahu yang digoreng disajikan dengan acar ketimun, mi kuning, kacang tanah goreng, dan kuah kecap yang memiliki rasa segar. Tak lupa taburan daun seledri menambahkan aroma yang khas.

Tahu Kupat
Potongan ketupat, potongan tahu yang telah digoreng, potongan bakwan, kacang tanah goreng, taoge seduh, mi kuning dan bumbu kecap yang lebih kecat jika dibandingkan dengan tahu acar.

Cabuk Rambak
Sajian ini sudah mulai jarang dijumpai. Pasar klewer adalah tempat dimana sajian ini masih dapat ditemui. Ketupat yang diiris tipis ini disajikan dengan sambal cabuk atau sambal yang terbuat dari campuran biji wijen. Karak atau kerupuk yang terbuat dari nasi menjadi pelengkap yang tak tergantikan.

Serabi Notosuman
Baha utama serabi ini adalah tepung beras dan santan. Dominasi rasa manis dengan isi pisang, nagka dan cokelat menjadi pilihan rasa originalnya. Jika dibandingkan dengan serabi dari kota lain tekstur serabi ini lebih lembut. Nama notosuman diambil dari nama jalan dimana serabi ini pertama kali dijajakan.

Soto Triwindu
Seperti soto pada umumnya berkuah bening dengan isi irisan daging sapi, taoge yang diseduh, irisan daun seledri, bawang merah goreng dan dilengkapi sambal dan perasan air jeruk nipis. Kuah soto biasanya diguyur di atas nasi putih yang sudah ditata di dalam mangkuk. Pilihan lauk seperti tahu atau tempe goreng dan jerohan yang sudah ditusuk menyerupai sate dapat anda nikmati.

Bakso Solo
Walaupun sudah banyak dijajakan di banyak tempat namun akan berbeda dika anda dapat menikmati dari kota asalnya. (RPN/dari berbagai sumber)

Foto: www.youtube.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *