Home / Artikel / Lebih Dekat dengan Keluarga Sawi

Lebih Dekat dengan Keluarga Sawi

Posted in : Artikel on by : Retno Pancaningrum Tags: , , , , ,

Banyak sajian kita yang menggunakan sawi sebagai bahan untuk membuat masakan. Dengan berkenalan lebih dekat keluarga sawi kita pasti akan lebih paham dalam penggunaannya.

Sahabatdapur.com – Sawi merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat populer terlebih untuk Chinese food. Sebut saja bakso, mi ayam, mi goreng, atau cap cay semua masakan ini selalu menggunakan sawi sebagai salah satu bahan yang wajib hadir dalam sajian ini.

Sawi merupakan kelompok tumbuhan dari marga bernama Brassica. Tanaman ini yang dimanfaatkan adalah daun atau bunganya sebagai bahan sayuran baik dikonsumsi dengan segar maupun diolah. Sawi melingkupi beberapa spesies Brassica yang kadang-kadang mirip satu sama lain. Namun tahukan anda jenis sawi apa yang anda gunakan? Yuk, berkenalan lebih dekat dengan keluarga sawi.

Sawi Hijau
Jika kita menyebut kata sawi maka akan merujuk pada jenis sawi ini. Jenis sawi ini memiliki warna daun yang hijau segar dengan batang atau tangkai daunnya lurus dengan warnanya yang hijau muda. Sawi ini juga disebut cai sim atau sawi hijau. Sawi ini yang sering tersaji dalam bakso atau mi ayam.

Sawi Putih
Sesuai dengan namanya sawi ini memiliki kelopak-kelopak daun dengan warnanya yang putih. Ujung daun-daunnya berwarna hijau muda sampai hijau tua. Sawi putih disebut juga dengan Chinese cabbage. Salah satu sajian yang menggunakan sawi putih adalah cap cay. Teksturnya yang garing dan renyah lebih baik dimasak tidak terlalu lama.

Sawi Sendok

Bok choy atau ada pula yang menyebutnya dengan pok choy. Jika dilihat sepintas daunnya mirip dengan sawi hijau namun sawi bok choy memiliki tangkai daun yang lebih besar, tebal dan cekung. Karena bentuk tangkai daunnya yang lebar dan cekung seperti sendok maka sawi jenis ini juga sering disebut dengan sawi sendok. Bok coy atau pok choy sering disajikan dengan cara ditumis. Masak dengan api besar dan dengan waktu yang cepat agar teksturnya yang renyah tetap terjaga.

Sawi Jepun
Sawi Jepun atau Siow pak choi ini mirip dengan sawi hijau. Warna daunnya hijau dengan tangkai daun kecil dan langsing. Namun yang membedakan sawi hijau dan sawi jepun adalah warna tangkai daunnya yang lebih putih dan sedikit lebih pendek.

Sawi Pahit
Sawi pahit memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis sawi lainnya. Sawi ini juga sering disebut dengan greens mustard cabbage, atau Chinese mustard atau greens mustard. Batang atau tangkai daunnya besar berserat dengan daunnya berwarna hijau muda dan sangat lebat dan menyerupai renda. Walaupun bisa diolah menjadi tumisan tetapi jenis sawi ini justru sering diolah dengan cara diawetkan sebagai sawi asin. (RPN/ berbagai sumber)

Foto: chinesemedicineliving.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *