Home / Artikel / Kandungan Gizi dari Labu Kuning

Kandungan Gizi dari Labu Kuning

Posted in : Artikel on by : Retno Pancaningrum Tags: , ,

Kandungan gizi dalam labu kuning
Labu kuning atau biasa disebut dengan waluh ini sudah banyak dikenal orang. Tumbuhan merambat yang tak kenal musim ini sangat mudah dijumpai di pasar tradisional atupun di super market. Buah sayur yang banyak memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh kita.
Warna kuning atau oranye ini banyak kandungan beta karoten yang merupakan pro-vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata, kulit, kekebalan tubuh dan sisten reproduksi. Labu juga disebut juga sebagai rajanya beta-karoten.
Kandungan vitamin dan mineral yang dimiliki oleh labu kuning sangat cocok untuk perkembangan balita. Kalsium dan magnesium dapat membantu tumbuh dan berkembangnya tulang yang kuat, zat besi dapat membantu memproduksi sel darah merah, vitamin A untuk penglihatan yang lebih baik sedangkan vitamin C unsur gizi yang penting untuk kekebalan tubuh yang lebih kuat.
Bagaimana dan apa saja yang bisa dimanfaatkan dari labu kuning ini. Labu kuning biasanya diolah dengan cara direbus atau dikukus untuk disajikan menjadi berbagai macam hidangan dan dikombinasikan dengan berbagai macam bahan lain untuk menjadi sajian yang lebih kaya rasa.
Selain untuk campuran sayur bening atau sayur bersantan, labu kuning juga dapat dimanfaatkan menjadi kudapan yang bisa meningkatkan rasa, warna alami, dan tekstur. Mulai dari Cake keju labu kuning, Puding cendol labu kuning, Bakpao labu kuning atau untuk Anda yang memiliki balita bisa memanfaatkannya untuk makanan pendamping ASI, karena teksturnya yang lembut dan mudah dikonsumsi serta dicerna oleh balita.
Dan siapa sangka jika labu kuning juga bisa menjadi obat cacing. Tidak hanya bersifat menyembuhkan tetapi juga mencegah jika dikonsumsi secara teratur. Tak hanya sampai disitu saja, bahkan biji labu yang telah dijadikan kwaci juga banyak memiliki manfaat. Diantaranya biji labu tinggi akan mineral magnesium yang baik untuk jantung, membantu penyembuhan penyakit dan dapat menenangkan fikiran.
Kini apalagi yang anda tunggu, setelah tahu banyak tentang manfaat labu kuning yang begitu banyak tak perlu gengsi lagi menikmati berbagai macan hidangan berbahan labu kuning apalagi harganya yang sangat terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *