Home / Artikel / Jenis Tahu yang Kita Kenal

Jenis Tahu yang Kita Kenal

Posted in : Artikel on by : Retno Pancaningrum Tags: , , , ,

Tahu merupakan makanan asli dari China. Walaupun begitu kini tahu sudah dapat ditemukan dimana-mana bahkan di benua Eropa tahu sudah bisa dijumpai di sana. Cari tahu yuk, tahu yang kita kenal!

Sahabatdapur.com – Sajian dari olahan kacang kedelai ini memiliki banyak sekali jenis dan cara pengolahannya. Makanan yang sudah akrab dengan masyarakat kita ini hampir setiap hari dapat kita jumpai di banyak sajian. Serba serbi tahu memang tak pernah ada habisnya.

Jenis dan macam tahu
Indonesia memang negara yang sangat kaya. Dari tahunya saja kita memiliki ragam tahu hampir di tiap daerahnya. Kita pasti kenal dengan daerah-daerah yang tersohor dengan tahunya. Misalnya Sumedang, Kediri dan Bandung memiliki tahu dengan ke khasannya masing-masing.

Misalnya tahu semedang memiliki tahu yang gurih dan lembut. Tahu ini biasa dijajakan sudah matang dan siap santap dengan cabai rawit hijau. Tahu

Kediri atau tahu takwa yang terkenal dengan tahu kuningya memiliki rasa yang gurih namun tekstur tahu kediri lebih padat sehingga tak mudah hancur jika diolah dalam tumisan atau sayur.

Berbeda lagi dengan tahu bandung yang terkenal dengan teksturnya yang lembut.

Selain jenis tahu di atas masih banyak jenis tahu lainnya yang wajib kita ketahui. Misalnya tahu cina, biasanya tahu ini berwarna putih dengan ukurannya yang besar dan memiliki tekstur yang lembut. Tahu cina biasanya dijual di pasar atau super market dengan cara dibungkus menggunakan kain putih. Ini juga berfungsi untuk menghindari tahu mudah hancur selain menjaganya tetap bersih.

Semarang juga memiliki tahu khas yaitu tahu pong. Jika dilihat sekilas saat masih mentah atau belum digoreng hampir sama dengan jenis tahu lainnya. Namun setelah di goreng tahu ini akan berongga dan kosong dibagian dalamnya. Tahu pong biasanya disajikan dengan sambal kecap atau sambal petis.

Kini sudah dapat kita jumpai jenis tahu yang berbeda. Jika selama ini tahu selalu berbentuk kotak di Ciamis Jawa Barat ada tahu bulat. Ya, tahu berbentuk bulat ini ada trik khusus dalam menggorengnya. Api yang digunakan tidak boleh terlalu besar agar tahu dapat mengembang dengan maksimal.

Tahu-tahu lain semacam tahu sutra, tahu telur atau egg tofu dan tahu susu memiliki tekstur yang lebih lembut jika dibandingkan dengan jenis-jenis tahu sebelumnya. Jenis tahu ini selain enak untuk masakan juga bisa digunakan untuk membuat hidangan penutup seperti pudding atau minuman dengan rasa yang manis. (RPN/Dari berbagai sumber)

Foto: thewomannews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *