Home / Artikel / Jenis-jenis Jeruk untuk Memasak

Jenis-jenis Jeruk untuk Memasak

Posted in : Artikel on by : Retno Pancaningrum Tags: , , , ,

Banyak jenis jeruk yang digunakan dalam memasak. Agar pemanfaatannya lebih maksimal kita harus mengenal jenis-jenis jeruk untuk memasak dan dalam penggunaanya agar lebih tepat dalam rasa dan aroma.

Sahabatdapur.Com – Jeruk purut tidak sama dalam penggunaannya dengan jeruk nipis. Untuk itu kita wajib mengenal jenis jeruk yang digunakan dalam dunia memasak.

Jeruk memiliki aroma khas yang segar yang sering digunakan sebagai penambah aroma dalam setiap masakan. Airnya sering digunakan untuk menghilangkan bau amis dari ikan atau untuk membuat sambal. Jenis jeruk manakah yang tepat untuk semua itu? Yuk simak penjelasannya.

Jeruk Nipis
Jenis jeruk nipis adalah jenis jeruk yang biasa dimanfaatkan airnya. Biasanya digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan atau ayam. Selain juga digunakan untuk membuat minuman hangat atau dingin. Bentuknya bulat sebesar bola pingpong dengan kulit berwarna hijau.

Jeruk Purut
Jeruk purut biasanya dimanfaatkan kulit buahnya untuk membuat masakan atau kue. Selain kulit buahnya, jeruk purut juga dimanfaatkan bagian daunnya. Bentuknya bulat dengan bagian tangkai buah menonjol. Yang menjadi ciri utama dari jeruk purut adalah kulit buahnya yang berkerut-kerut.

Jeruk Lemon Cui
Masyarakat China atau orang Menado memanfaatkan jenis jeruk ini sebagai sambal atau untuk mengolah sea food. Bentuknya yang kecil dengan kulit buah hijau kekuningan dengan kandungan air yang banyak.

Jeruk Lemon
Jenis jeruk lemon ini ada dua jenis, untuk jenis lemon lokal berkulit hijau muda kekuningan dengan bentuk sedikit lonjong seperti telur ayam kampung. Untuk jeruk lemon import memiliki warna kuning cerah dengan bentuk lonjong sebesar telur ayam atau bebek. Selain airnya yang dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis, atau campuran dalam membuat saus pada salad, kulit jeruk lemon sering digunakan dalam membuat kue. Cara memanfaatkan kulit jeruk lemon adalah dengan cara di parut dengan parutan keju.

Jeruk Limau
Jeruk limau memiliki warna hijau gelap dengan sedikit kerutan-kerutan dibagian luarnya tetapi tidak seperti jeruk purut. Selain airnya yang dimanfaatkan untuk campuran bumbu gado-gado atau sate, air jeruk limau sangat pas untuk campuran dalam membuat sambal terasi. Kulit jeruk limau juga dapat dimanfaatkan sebagai pengganti daun jeruk untuk memasak.

Setelah mengenal berbagai jenis jeruk untuk memasak, kini Anda tak akan salah lagi menggunakan jenis jeruk yang tepat untuk hidangan yang Anda buat. (RPN/ Dari berbagai sumber)

Foto: womenshealthmag.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *