Home / Artikel / Berkenalan dengan Kemangi dan Keluarganya

Berkenalan dengan Kemangi dan Keluarganya

Posted in : Artikel on by : Retno Pancaningrum Tags: , , , ,

Daun yang memiliki aroma harum yang khas ini sering menjadi pelengkap dalam sajian pecel lele atau lalapan dengan ayam goreng dan sambal. Ya, daun kemangi. Daun kemangi ini ternyata memiliki keluarga yang juga memberikan andil dalam setiap masakan. Aromanya yang harum akan terasa kurang jika masakan seperti pepes tak ditemani dengan daun ini. Yuk, berkenalan dengan kemangi dan keluarganya.

Sahabatdapur.com – Di Thailand daun kemangi lebih dikenal dikenal sebagai manglak. Daun yang memiliki aroma khas ini juga sering dijumpai dalam menu masakan setempat. Di Indonesia daun kemangi mejadi salah satu bahan penting dalam membuat pepes. Untuk masakan Padang daun sejenis kemangi juga digunakan sebagai pemberi aroma. Daun ini juga masih berkerabat dengan daun kemangi. Berkenalan dengan daun kemangi dan keluarganya pasti memudahkan kita dalam memanfaatkannya sesuai kebutuhan.

Daun kemangi juga dikenal dengan sebutan lemon basil. Karena bentuknya yang mirip dengan daun basil dan memiliki aroma yang harum maka demikianlah daun ini disebut. Daun apa saja yang menjadi keluarga dari daun kemangi ini.

Kemangi
Kemangi merupakan tumbuhan yang sering dimanfaatkan daunnya. Nama latin dari kemangi adalah Ocimum Bassilum Ferina Citratum. Penanaman kemangi biasanya dengan menebar atau menyemai bijinya atau dengan cara stek. Kemangi harus sering diambil bagian pucuknya sebelum keluar bunga. Bunga yang sudah muncul dibagian ujung tangkai menyebabkan tumbuhan kemangi memiliki daun yang akan mengecil. Kecuali jika memang untuk dijadikan bibit tanaman baru. Biji kemangi didapat dari bunga kemangi yang sudah tua dan mengering.

Ruku-ruku
Ruku-ruku merupakan salah satu kerabat dekat tumbuhan kemangi. Nama latin dari tanaman ini adalah Ocimum tenuiflorum sering juga disebut dengan lampes. Daun dan bunganya memiliki bentuk yang sangat mirip. Yang membedakan ruku-ruku dengan kemangi adalah batang dan daun ruku-ruku memiliki bulu-bulu halus. Ruku-ruku oleh masyarakat Minang sering dimanfaatkan dalam mengolah gulai ikan. Aromanya yang khas dapat mengurangi bau amis dari ikan. Masyarakat ini juga mempercayai bahwa daun ruku-ruku berkhasiat untuk penyakit darah tinggi dan jantung.

Selasih

Sekilas mendengar kata selasih pasti yang anda bayangkan adalah biji selasih yang sering tersaji dalam minuman atau puding. Ya, selasih memang masih keluarga dengan daun kemangi hanya saja batang dan tangkai daunnya memiliki warna yang lebih gelap atau tepatnya lebih keunguan. Yang sering dimanfaatkan dari tanaman selasih ini adalah biji bunganya.

Basil

Basil atau disebut juga dengan sweet basil sering digunakan dalam bumbu atau bahan dalam masakan di negara-negara Barat. Bentuknya menyerupai daun kemangi hanya saja ukuran daun basil sedikit lebih besar dan gemuk. Selain dimanfaatkan segar daun basil juga dimanfaatkan dalam bentuk kering. Basil memiliki aromanya sendiri, aroma khas yang tidak sama dengan aroma pada daun kemangi.

Menyenangkan bukan dapat berkenalan dengan keluarga kemangi ini. Nah, kini anda tak akan salah lagi untuk menggunakan keluarga basil ini sesuai dengan kebutuhan. (RPN/dari berbagai sumber)

Foto : theroyalbudha.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *