Home / Artikel / Berbagai Jenis Tomat dan Manfaatnya

Berbagai Jenis Tomat dan Manfaatnya

Posted in : Artikel on by : Retno Pancaningrum Tags: , , ,

Tomat adalah salah satu buah yang termasuk sayur yang sering digunakan untuk memberikan rasa segar dalam setiap masakan selain bisa langsung dikonsumsi atau dibuat minuman seperti jus. Jenis tomat banyak digolongkan atau dibedakan menurut bentuk, warna dan kegunaannya. Berikut beberapa jenis tomat yang wajib kita ketahui:

1. Tomat cerry
Mengapa disebut dengan tomat cerry, karena bentuk yang kecil dan bulat dengan warnanya yang merah terang. Ciri dari tomat ini adalah berat buah antara 10 sampai 20 gram. Bentuknya yang benar-benar bulat dengan dua buah sekat dibagian dalamnya dengan biji dibagian dalamnya. Memiliki rasa yang manis dan segar. Kegunaan dari jenis tomat ini bisanya digunakan untuk campuran salad, campuran membuat sambal atau untuk tumisan.

2. Tomat pear
Ukurannya tak berbeda jauh dengan tomat cerry hanya bentuk dari tomat pear ini lebih lonjong dengan pangkal buah lebih kecil jika dibandingkan dengan bagian bawah atau ujungnya (seperti pear). Warna tomat ini ada yang kuning, jingga sampai merah. Jenis tomat ini sering digunakan untuk dibuat dalam campuran salad atau biasa dikonsumsi mentah.

3. Tomat Plum
Tak berbeda banyak dengan kedua saudaranya diatas tomat ini juga memiliki ukuran yang tak begitu besar atau seukuran dengan tomat cerry atau lebih besar sedikit hanya saja bentuk dari buah tomat plum ini lebih lonjong dengan daging buahnya yang lebih tebal dan rasa yang sedikit sebih asam segar. Tomat ini sering digunakan untuk membuat sambal atau masakan yang membutuhkan rasa yang lebih asam segar. Sambal terasi atau sajian dari ikan sangat pas jika menggunakan jenis tomat ini.

4. Tomat anggur
Tomat yang memiliki bentuk dan untaian yang sangat mirip dengan buah anggur ini memliki ukuran yang lebih kecil jika dibandikan dengan tomat cerry, tomat pear atau tomat plum. Karena memiliki rasa yang lebih manis dari tomat-tomat yang lain, tomat anggur sering dinikmati langsung. Di Indonesia tomat ini jarang dijumpai karena kebanyakan orang Indonesia tak biasa menonsumsi tomat secara langsung begitu saja.

5. Tomat Beef
Dari segi ukuran jenis tomat ini sangat berbeda jauh dari empat jenis tomat di atas. Ukurannya paling besat dari berbagai jenis tomat lainnya. Bentuk dari tomat ini tak semulus tomat lain. Kulit buahnya yang melipat-lipat seperti bentuk labu kuning. Tomat yang memiliki warna merah menyala saat matang ini sering disajikan sebagai isi dari sandwich karena kurannya yang besar untuk melapisi daun seladaatau smoked beef dalam sandwich. Salah satu keunggulah dari buah ini adalah sangat tahan terhadap penyakit yang menyerang tanaman tomat.

6. Tomat Hijau
Tomat hijau merupakan tomat yang belum matang yang dipanen saat masih hijau. Tomat seperti ini memiliki rasa yang lebih asam segar dengan kadar air yang sedikit. Tomat hijau memiliki tekstur yang lebih keras atau kencang maka dari itu tomat hijau tak cepat lembek saat dibuat tumisan. Biasanya tomat seperti ini dibuat tumisan cumi asin bersama cabai hijau atau dibuat sambal lado ijo yang sering kita jumpai di rumah makan padang.

7. Tomat Standart globe
Nah, jenis tomat inilah yang sering kita jumpai di pasar-pasar atau swalayan-swalayan untuk dikonsumsi sehari-hari. Bentuknya yang bulat ada pula yang agak sedikit lonjong dengan daging buah yang tebal dengan berat antara 70 sampai 100 gram per buahnya. Jika dipotong melintang terlihat 2-4 buah sekat yang ada diantara bijinya. Selain bisa dinikmati langsung tomat seperti ini sering kita sajikan dalam olahan soto, sup tomat, jus, saus untuk pasta dan masih banyak lagi.

8. Tomat ungu
Jika tomat yang biasanya kita jumpai berwarna merah, kuning, oranye atau hijau kini tomat berwarna ungu akan segera dijumpai. Selain karena warnanya yang unik, rasanya yang enak pasti banyak disukai dari tanaman tomat varietas baru ini. Peneliti dari Oregon State University resmi meluncurkan tomat generasi baru yang berwarna ungu kebiruan. Tomat ini mengandung anthocyanin yang merupakan antioksidan tertinggi.

Nah, setelah kita tahu berbagai jenis tomat dan kegunaannya kini bisa memilih jenis tomat mana yang tepat yang akan digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *