Home / Artikel / Aneka Jamur dalam Masakkan

Aneka Jamur dalam Masakkan

Posted in : Artikel on by : Retno Pancaningrum Tags: , , ,

Banyak jenis jamur yang sering kita jumpai di berbagai macam hidangan. Jamur-jamur yang banyak dijual di pasar dan super market sudah tentu jamur yang biasa kita konsumsi. Yuk, kita kenalan dengan aneka jamur dalam masakan kita sehari-hari.

Jamur yang tumbuh di Negara kita memang sangat beragam di tambah dengan maraknya jamur yang di datangkan dari negeri tetangga. Agar kita lebih paham dalam penggunaannya ada baiknya kita berkenalan dengan berbagai jamur yang pas dan cocok dalam masakan kita.

1. Jamur merang
Jamur merang adalah jamur yang sering kita jumpai saat kita menikmati semangkul mi ayam jamur. Nah, jamur jenis inilah yang sering digunakan. Mengapa dinamakan jamur merang? Karena media tanam jenis jamur ini adalah merang atau batang padi.

2. Jamur kancing
Jamur ini memiliki tekstur yang kenyal, biasanya akan kita jumpai dalam bentuk yang sudah di awetkan dalam kemasan kaleng. Jamur ini cocok untuk campuran sup. Jika menggunakan dalam kemasan kalengan jamur ini cukup ditiriskan dan diiris tipis atau di potong kasar sesuai dengan selera.

3. Jamur kuping
Jamur berwarna hitam atau cokelat pekat ini biasanya dijual dalam keadaan kering namun ada pula yang menjual segar. Jika menggunakan jamur yang masih kering, orendam dahulu dengan air hangat beberapa saat sampai mekar. Setelah itu jamur dapat dipotong sesuai sera. Mengapa jamur ini dinamakan jamur kuping? Karena bentuk dan teksturnya seperti daun telinga.

4. Jamur tiram
Jamur ini memiliki warna yang sangat putih bersih dengan batang tebal dibagiaan bawahnya. Selain enak dibuat tumisan, jamur iini juga sering digoreng dengan balutan tepung kering untuk dijadikan camilan.

5. Jamur shitake
Jamur shitake atau ada pula yang menyebutnya dengan jamur hioko. Jamur ini memiliki payung yang cukup lebar dan tebal. Berwarna kecokelatan dengan tekstur seperti kerak di bagian permukaannya. Jika menggunakan yang kering rendam terlebih dulu sampai lembut kemudian potongpotong. Jamur ini biasanya digunakan dalam masakan cina.

6. Jamur shimeji
Berwarna putih atau cokelat muda dengan bentuk bergerombol. Biasanya dijual dalam keadaan segar. Cara menggunakannya, lepaskan dari batang utamanya dan bersihkan pada bagian pangkal batang yang terasa keras. Jamur ini bisa digunakan untuk tumisan goring kering atau campuran dalam membuat mi goreng.

Setelah kita mengenal aneka jamur kini kita bisa membuat kreasi hidangan dari berbagai macam jamur sehingga hidangan kita tak labi membosankan. (RPN/Sahabat Dapur)

Foto : www.jfmckenna.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *