Home / Artikel / 14 Makanan Daerah Serba Tahu

14 Makanan Daerah Serba Tahu

Posted in : Artikel on by : Retno Pancaningrum Tags: , , , , ,

Banyaknya makanan khas dari hampir di setiap daerah yang menggunakan tahu sebagai bahan utamanya, menjadikan tahu terasa sudah jadi bagian dari hidangan Indonesia. Berikut empat belas makanan daerah serba tahu.

Sahabatdapur.com – Tiongkok adalah negara yang pertama kali membuat tahu. Olahan dari kacang kedelai ini memiliki rasa yang gurih dengan tekturnya yang lembut. Tak salah jika tahu banyak disukai dari berbagai kalangan dan dari segala usia. Berikut empat belas makanan khas daerah yang menggunakan tahu.

Tahu Gejrot
Tahu gejrot adalah kudapan yang banyak dijajakan keliling menggunakan gerobak kecil atau dipikul. Sajian ini merupakan hidangan khas dari Cirebon. Tahu yang telah dipotong-potong diguyur kuah pedas yang terbuat dari cabai rawit hijau, bawang merah, gula merah dan air asam.

Tahu Tek atau Tahu Gunting
Tahu tek atau tahu gunting adalah sajian asal Surabaya-Jawa Timur. Di Jawa Timur sendiri sajian ini lebih dikenal dengan tahu campur goreng sebab ada sajian tahu campur yang berkuah. Tahu sebagai bahan utama dalam sajian ini digoreng dengan bagian dalam masih terasa lembut. Cara penyajiannya dengan dilengkapi potongan lontong. Tambahkan taoge, irisan ketimun dan ada juga yang menambahkan kentang lalu siram dengan saus kacang berbumbu petis. Tak lupa sertakan taburan bawang goreng dan kerupuk.

Tahu Kupat
Tahu kupat merupakan sajian asal Solo-Jawa Tengah. Potongan tahu yang disajikan dengan ketupat, taoge seduh, potongan bakwan, mi kuning, kacang tanah dan taburan daun seledri ini diguyur dengan kuah berwarna cokelat dari kecap dan gula merah.

Tahu Acar
Tak jauh dengan saudaranya tahu kupat, tahu acar adalah sajian yang terbuat dari potongan tahu yang telah digoreng. Bahan-bahan lainnya ada acar ketimun, kacang tanah, potongan tempe goreng, mi kuning, irisan kol, dan daun seledri. Kuahnya lebih encer tak sepekat kuah tahu kupat dengan rasa yang lebih segar.

Tahu Gimbal
Adalah sajian dari kota Semarang. Potongan tahu yang disajikan dengan gimbal udang atau olahan sejenis bakwan udang yang dipotong-potong ini dilengkapi dengan irisan kol, taoge seduh dan disiram dengan bumbu kacang.

Tahu Pletok
Kota tegal tepatnya sajian ini berasal. Tahu kuning yang dibelah dan dilapisi dengan adonan sagu atau aci kemudian digoreng. Suara pletok-pletok saat digoreng inilah konon diambil untuk nama jenis kudapan yang pas dinikmati dengan sambal kecap ini.

Tahu Brontak
Tahu berontak atau sering disebut dengan tahu isi. Jenis tahu goreng dengan bentuk segitiga inilah yang digunakan sebagai bahan utama sajian asal Yogyakarta ini. Cabai rawit merupakan teman yang pas untuk menikmatinya.

Tahu Brintik
Brintik dalam bahasa Jawa berarti keriting kecil-kecil. Mengapa tahu ini dinamakan tahu brintik karena tahu yang sudah dipotong sebesar jari ini digoreng menggunakan lapisan tepung yang menjadikannya keriting atau berintik. Tahu ini bisa dinikmati dengan cocolan saus tomat atau saus sambal.

Tahu Pong
Tahu pong merupakan tahu khas Semarang – Jawa tengah. Jika dilihat sepintas tahu ini tidak banyak berbeda dengan jenis tahu lainnya. Namun setelah digoreng tahu ini memiliki rongga yang membuat bagian dalam tahu ini kosong atau kopong. Tahu pong biasanya hanya digoreng saja dan dinikmati dengan sambal kecap atau sambal petis.

Tahu Campur
Tahu campur ini hampir mirip dengan saudaranya tahu tek hanya saja tahu campur disajikan dengan kuah seperti soto kikil dan mi kuning. Potongan daun selada adalah ciri dari tahu campur yang memiliki rasa yang segar ini.

Tahu Guling
Potongan tahu yang telah digoreng ini disajikan dengan ketupat, taoge, irisan kol, dan saus atau kuah berbahan kecap manis. Solo dan Yogya merupakan tempat dimana sajian bernama tahu guling ini dapat dijumpai.

Tahu Telur
Tahu telur merupakan hidangan menggunakan saus petis. Tahu sebagai bahan utamanya yang telah dipotong-potong dicampur dengan kocokkan telur. Adonan ini kemudian digoreng dengan minyak yang cukup merendamnya hingga keluar serat-serat telurnya. Selain saus petis sajian yang mirip telur dadar ini juga dilengkapi dengan taoge seduh, irisan ketimun dan taburan kacang tanah.

Sate Tahu
Sajian ini banyak dimiliki oleh beberapa daerah. Namun setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Madiun, Kediri, Ponorogo dan Betawi memiliki sajian berbahan utama tahu ini, Salah satu sate tahu yang dapat anda coba sate tahu Ponorogo. Sate tahu ini biasanya dibuat dari potongan tahu berbentuk kotak kemudian digoreng asal berkulit saja dan disajikan dengan bumbu yang terbuat dari kacang tanah.

Kerupuk Tahu
Tahu yang digunakan adalah jenis tahu segitiga yang telah digoreng atau dapat juga menggunakan tahu sumedang. Bersihkan tahu dari isinya kemudian balik sehingga bagian dalam tahu terdapat dibagian luarnya. Masukkan kulit tahu dalam campuran tepung kering antara tepung terigu dan tepung beras yang telah dibumbui garam, bawang putih bubuk dan penyedap. Goreng dalam minyak banyak hingga kering dan renyah. (RPN/dari berbagai sumber)

Foto: appetiteforchina.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *