Home / Artikel / 12 Macam Kerang yang Dikonsumsi

12 Macam Kerang yang Dikonsumsi

Posted in : Artikel on by : Retno Pancaningrum Tags: , , , ,

Bagi penggemar seafood kerang adalah salah satu hidangan yang tak boleh ditinggalkan. Ya, selain ikan, udang dan cumi kerang adalah sajian yang sayang untuk dilewatkan karena kandungan kalsiumnya yang tinggi. Setidaknya 12 macam kerang ini wajib kita kenal.

Sahabatdapur.Com – Kerang merupakan salah satu jenis hewan bertubuh lunak. Hewan ini memiliki kulit cangkang yang keras sebagai bentuk perlindungannya. Banyak sekali jenis kerang yang ada di muka bumi ini. Tetapi setidaknya kita dapat mengenali 12 jenis kerang yang biasa kita konsumsi.

Kerang Hijau
Mengapa disebut kerang hijau? Binatang lunak yang sering hidup di air laut ini disebut juga dengan green mussels karena kulit cangkangnya yang keras ini memiliki warna kehijauan. Jenis kerang ini sering disajikan menjadi kerang saus padang.

Kerang Darah
Banyak terdapat diwilayah Asia Timur dan Asia Tenggara. Mengapa disebut kerang darah karena binatang dalam anggota suku Arcidae ini menghasilkan hemoglobin dalam cairan yang berwarna merah yang dikeluarkannya. Walaupun hanya direbus kerang ini cukup enak untuk dimakan.

Kerang Simping
Kerang ini memiliki dua buah cangkang yang berbeda warna. Salah satu sisi kulit kerang ini berwarna putih sedang salah satunya lagi berwarna cokelat kemerahan. Bentuknya bundar pipih dan dibagian engselnya rata. Dagingnya berwarna putih dan memiliki tekstur yang sangat lembut. Kerang jenis ini sering di olah menjadi kerang saus tiram.

Kerang Tahu
Kerang tahu memiliki kulit keras dengan tekstur yang licin dengan guratan-guratan hitam keabu-abuan. Warna daging kerang yang putih seperti tahu inilah yang menjadikannya disebut kerang tahu. Kebanyakan kerang jenis ini diolah dalam berbagai masakan China.

Kerang Bambu
Mengapa jenis ini disebut dengan kerang bambu, karena memang kulit cangkangnya yang menyerupai bentuk satu ruas bambu. Biasanya kerang ini memiliki ukuran sebesar jari telunjuk orang dewasa. Jika dibuka persis dengan bambu yang dibelah. Dagingnya memanjang memenuhi ruang dalam cangkangnya. Kerang ini cocok diolah dengan berbagai jenis bumbu.

Kerang Kijing
Kerang kijing atau dalam bahasa melayu disebut dengan remis. Lain lagi dengan bahasa sunda disebut haremis. Walaupun bentuknya mirip dengan kerang hijau tetapi kijing hidup di air tawar. Dalam endapan sungai berpasir kijing ini biasanya hdup. Warnanya cokelat gelap dan dapat disajikan dalam sajian saus padang.

Kerang Kampak
Kerang kampak atau scallop lebih mirip dengan kerang simping. Namun kulit kerang kampak tak setipis kerang simping. Tekstur kulitnya pun tak sehalus kulit kerang simping. Kulit kerang lampak lebih tebal dan kasar atau bermotif. Karena bentuk yang menyerupai kampak inilah kerang ini disebut.

Kerang Nenek
Tak seperti kerang yang lain jenis kerang ini memiliki bentuk yang unik. Bentuknya seperti siput dengan cangkang panjang dan runcing dibagian belakang atau ujungnya. Untuk membersihkannya bagian ujung atau yang runcing inilah yang dipotong untuk mengeluarkan kotorannya.

Kerang Macan
Kerang ini sangat mudah dikenali. Dari motif kulit cangkangnya yang menyerupai kulit macan tutul inilah mengapa jenis kerang ini dinamai kerang macan. Kerang ini bisa dinikmati dengan cara direbus dan disajikan dengan cocolan saus atau diolah menjadi berbagai sajian lain.

Kerang Tiram
Adalah sekelompok kerang-kerangan dengan kulit cangkang pipih dan berkapur. Kerang yang juga disebut dengan oyster ini memiliki tektur daging kerang yang lembut. Karena kandungan kalsiumnya yang tinggi maka kerang dapat membantu membangun tulang yang kuat.

Kerang Bulu
Bentuknya lebih mirip dengan kerang darah hanya saja kerang ini memiliki bulu halus disekitar cangkangnya. Sebelum merebus jenis kerang ini sebaiknya dicuci terlebih dahulu dan bilas beberapa kali untuk menghindari air rebusannya kotor dari bulu-bulunya. Jika air perebusnya kotor dapat diulang atau dibilas kembali.

Kerang Gonggong
Bentuk cangkangnya akan mengingatkan kita dengan alat tiup dari kulit kerang namun hanya saja ukurannya lebih kecil. Kerang ini banyak terdapat di Batam dan kepulauan Riau. Teksturnya sedikit kenyal dengan rasa yang gurih, jenis kerang inilah yang menjadi primadona hidangan seafood disana.

Dengan mengenali 12 macam kerang yang dapat dikonsumsi setidaknya kita dapat mengolahnya dengan baik. Yang paling penting dalam mengolah kerang jangan terlalu lama saat merebusnya karena daging kerang akan menjadi liat atau alot. (RPN/Dari berbagai sumber)

Foto: www.sbfish.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *